Selasa, 19 Mei 2009

DIODA

Pengertian Dioda

Istilah dioda adalah singkatan dari "di-elektroda" (di-electrode), artinya dua-elektroda Yang memiliki tiga elektoda dinamakan trioda, yang empat, tetroda, yang lima, pentoda, dst., dimana salah satu jenis trioda adalah transistor, dan jenis tetroda adalah thyristor atau SCR (silicon controled rectifier).

Jadi, dioda adalah suatu komponen diskrit elektronik yang memiliki dua elektroda, sehingga ada sepasang terminal atau kaki, positif dan negatif. Elektroda positf dinamakan anoda (anode), dan elektroda negatif dinamakan katoda (cathode).

Yang dimaksud elektroda adalah terminal atau kaki komponen pada mana ada potensial listrik dan koneksi atau sambungan dilakukan untuk membentuk rangkaian listrik.

Antara pasangan elektroda, elektron atau muatan listrik (electronic charge) mengalir dari katoda ke anoda, dari negatif ke positif, sedangkan arus listrik (electronic current) mengalir dalam arah sebaliknya, dari anoda ke katoda, dari positif ke negatif.






Dioda sekarang ini, terbuat dari bahan atau material semikonduktor. Dulu, dioda dibuat dari tabung vakum (vacuum tube) elektronik yg karena sifat dan perilaku operasinya disebut juga sebagai katup termionik (thermionic valve).






Dalam prakteknya, pada komponen, untuk membedakan mana kaki atau terminal positif atau anoda dan mana yang negatif atau katoda, ukuran panjang kakinya dibedakan, dimana kaki positif lebih panjang dari negatif.

Jika ukuran kakinya sama atau hampir sama, maka untuk mengetahuinya bisa dilakukan menggunakan multitester (AVO Meter). Untuk dioda jenis LED, bisa digunakan baterai. Kalau menyala, berarti kaki yang tersambung ke kutub positif baterai adalah anoda, dan sebaliknya.









Gambar diatas menunjukkan cara memeriksa dioda, mencakup LED, menggunakan OhmMeter atau pengetes kesinambungan rangkaian (circuit continuity tester) elektronik, apakah suatu dioda masih berfungsi dengan baik, ataukah sudah bocor alias rusak.

2 komentar:

didariyo mengatakan...

percobaan

Puspita Wulandari mengatakan...

Hebat dirimu mas dadi. Selamat berjuang. sering-sering berkunjung ke blog teman, biar tambah ilmu.

Maaf ibu belum bisa banyak membantu, masih gaptek masalahnya.

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

Checking tool is powered by Page Rank Checker service